Kulit Sehat Dengan Minyak Zaitun

Banyak orang yang sudah memanfaatkan minyak zaitun sebagai salah satu bahan untuk perawatan kecantikan, bahkan dari sejak zaman Romawi Kuno. Mari, kita simak manfaat dari minyak zaitun untuk wajah dan kulit berikut ini.

Minyak zaitun merupakan lemak atau minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah pohon zaitun. Minyak berasal dari tanaman tradisional yang ada di wilayah Mediterania ini mengandung lemak, vitamin E, vitamin K, dan juga sedikit sekali zat besi.

Minyak zaitun telah digunakan dalam berbagai macam keperluan seperti obat-obatan seperti salep, bahkan kosmetik seperti masakan, dan sabun. Minyak zaitun ini dapat dicampurkan ke dalam makanan, dioleskan ke bibir sebagai pelembut dan juga lip gloss, sertamengatasi bibir pecah-pecah. Selain itu, minyak zaitun dapat digunakan untuk melembutkan kulit yang kering dan juga retak-retak misalnya pada siku dan tumit.

Untuk kulit wajah

Jika Anda kehabisan pembersih make up dan di dapur masih ada minyak zaitun, gunakan saja minyak tersebut untuk membantu menghapus sisa-sisa make up di wajah. Banyak sekali merk kosmentik yang kini membuat produk cleansing oil (minyak pembersih) untuk mencuci wajah. Cleansing oil tersebut terbuat dari berbagai jenis minyak alami, salah satunya adalah minyak zaitun, penggunaan aura glow di samarinda dapat memaksimalkan hasilnya.

Minyak pembersih dari minyak zaitun ini dapat digunakan untuk membantu melembabkan wajah dari kulit kering dan menghilangkan make up dengan mudah. Menurut dokter kulit, cleansing oil akan cenderung bebas dari bahan kimia paraben yang sangat berbahaya, karena terbuat dari bahan alami dan tidak dapat melenyapkan minyak alami di wajah. Namun, hati-hatilah jika Anda masih memakai lensa kontak ketika menggunakan cleansing oil, bisa-bisa pembersih wajah ini justru akan mengendap di lensa kontak.

Manfaat dari minyak zaitun untuk wajah bisa pula diaplikasikan sebagai masker ataupun facial. Caranya, cukup oleskan saja minyak zaitun extra virgin (murni) ke wajah. Ataubisa juga dengan cara mencampur dua sendok teh cuka sari apel, satu sendok teh minyak zaitun, serta satu sendok teh madu. Lalu, oleskanlah campuran tersebut pada bagian wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Bilaslah dengan air hangat dan keringkan wajah Anda dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk bersih.

Untuk kulit tubuh

Mengatasi kulit yang kering dan membantu melembabkan kulit juga diduga menjadi salah satu dari manfaat minyak zaitun untuk wajah. Minyak zaitun sangat mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit, sehingga akan sangat mudah diserap dengan baik ke dalam kulit. Minyak zaitun biasanya tidak dapat menyebabkan alergi, akan tetapi disarankan untuk tidak dioleskan ke bagian kulit yang berjerawat. Dan menurut salah satu penelitian, minyak zaitun ini bahkan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker kulit.